Sabtu, 06 November 2010

Gejala Demam Tifoid


Biasanya gejala mulai timbul secara bertahap dalam waktu 8-14 hari setelah terinfeksi.Gejala dapat berupa demam, sakit perut, sakit kepala, sakit tenggorokkan, nyeri sendi, sembelit atau diare, serta penurunan nafsu makan. Kadang penderita merasakan nyeri saat berkemih, batuk, serta perdarahan dari hidung.

Jika pengobatan tidak diberikan, maka suhu tubuh secara perlahan akan meningkat dalam waktu 2-3 hari yaitu mencapai 39 - 40 derajat celsius selama 10-14 hari. Pola demam pada demam typhoid secara alamiah (tanpa diobati) sangat khas, yaitu menyerupai anak tangga (step ladder, suhu badan meningkat pada sore dan malam hari dan turun (tidak mencapai normal) pada pagi hari. Panas mulai turun secara bertahap pada akhir minggu ke-3 dankembali normal pada minggu ke-4.

Gejala demam typhoid lain yang khas yaitu bradikardi relatif; kenaikan suhu tubuh tidak diikuti kenaikan denyut nadi yang sepadan (pada keadaan normal kenaikan 1 derajat celcius biasanya diikuti kenaikan denyut nadi 10-15 kali permenit). Namun adanya bradikardi relatif tidak menyingkirkan kemungkinan penyakit lain.

Pada kasus yang berat, dimana sudah terjadi gangguan pada sistem saraf pusat dapat timbul gejala-gelaja delirium (mengigau), stupor, dan koma. Pembesaran kelenjar getah bening leher (cevical adenopati) dan pembesaran hati dan limpa (hepatosplenomegali) juga sering terjadi.

Pada 10% pasien yang menderita penyakit ini akan timbul sekelompok bintik-bintik kecil berwarna merah (rose spot) di dada dan perut pada minggu ke-2 dan berlangsung selama 2-5 hari. Keterlibatan mata sangat jarang terjadi dan biasanya berhubungan dengan kelainan sistemik. Kelainan pada mata yang mungkin terjadi yaitu: abses kelopak mata, ulkus kornea, uveitis, perdarahan vitreus, perdarahan retina atau ablasi retina, neuritis optik, paralisis otot bola mata, trombosis dan perdarahan orbita (rongga mata).

Keluhan dan gejala Demam Tifoid tidak khas, dan bervariasi dari gejala seperti flu ringan sampai tampilan sakit berat dan fatal yang mengenai banyak sistem organ. Secara klinis gambaran penyakit Demam Tifoid berupa demam berkepanjangan, gangguan fungsi usus, dan keluhan susunan saraf pusat.

1. Panas lebih dari 7 hari, biasanya mulai dengan sumer yang makin hari makin meninggi, sehingga pada minggu ke 2 panas tinggi terus menerus terutama pada malam hari.

2. Gejala gstrointestinal dapat berupa obstipasi, diare, mual, muntah, dan kembung, hepatomegali, splenomegali dan lidah kotor tepi hiperemi.

3. Gejalah saraf sentral berupa delirium, apatis, somnolen, sopor, bahkan sampai koma.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14f5

    BalasHapus