Minggu, 07 November 2010

Faktor Resiko Minuman Beralkohol terhadap Hipertensi


Alkohol merupakan salah satu faktor risiko yang memicu timbulnya hipertensi bahkan memicu timbulnya thrombosis. Orang yang sudah kecanduan alkohol akan lebih sering mengalami gangguan metabolisme karena berkurangnya cairan didalam tubuh.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 86/Men.Kes/Per/IV/77, yang dimaksud dengan minuman keras adalah semua jenis minuman beralkohol, tetapi bukan obat, yang meliputi:

1. Minuman Keras Golongan A.
Minuman ini merupakan minuman beralkohol dengan kadar etanol sebesar 1% samapi dengan 5%.

2. Minuman Keras Golongan B
Minuman ini merupakan minuman beralkohol dengan kadar etanol sebesar 5% sampai dengan 20%.

3. Minuman Keras Golongan C
Minuman ini merupakan minuman beralkohol dengan kadar etanol sebesar 20% sampai dengan 55%.

Alkohol (etanol) dalam jumlah besar terbukti bisa meningkatkan tekanan darah. Kenaikan tekanan darah ini disebabkan alkohol dalam darah dapat merangsang pelepasan hormon epinefrin (adrenalin) yang membuat pembuluh darah menyempit dan juga menyebabkan penumpukan natrium dalam darah. Jika kadar alkohol yang dikonsumsi dalam jumlah sedikit atau sedang, justru akan dapat menurunkan risiko penggumpalan darah yang dapat mengakibatkan stroke. Alkohol dalam jumlah tidak berlebihan dapat memicu produksi High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol yang baik yang dapat melindungi arteri dari penyempitan atau plak. Dikatakan sedang, jika alkohol dikonsumsi tidak lebih dari satu gelas per hari, dikatakan berat jika alkohol dikonsumsi lebih dari satu gelas per hari.
Berbagai peneltian telah dilakukan misalnya oleh Hull (1996) yang menyatakan bahwa orang yang minum minuman beralkohol 1,4 liter/hari sangat tinggi resikonya menderita hipertensi dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi alkohol sama sekali. Peminum alkohol juga dapat meningkatkan risiko menderita penyakit stroke .

Penelitian yang dilakukan oleh Nuriyadin (2005), tentang studi faktor risiko kejadian hipertensi yang berobat di Puskesmas Wawonii Kabupaten Konawe menunjukkan bahwa responden yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol lebih dari satu gelas per hari, memberikan risiko sebesar 1,2 kali lebih besar menderita hipertensi dibandingkan responden yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol kurang dari satu gelas per hari.

2 komentar:

  1. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14f5

    BalasHapus
  2. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    BalasHapus