Minggu, 31 Oktober 2010

Tingkat-Tingkat Pencegahan Penyakit


Dikenal ada 4 tingkat pencegahan penyakit, yaitu :

1. Pencegahan tingkat awal (Premordial prevention)
Upaya awal terhadap tingkat pencegahan premordial ini merupakan upaya mempertahankan kondisi kesehatan yang positif yang dapat melindungi masyarakat dari gangguan kondisi kesehatannya yang sudah baik. Tujuannya menghindari terbentuknya pola hidup sosial ekonomi dan kultural yang mendorong peningkatan resiko penyakit, terutama ditujukan kepada masalah penyakit tidak menular yang dewasa ini cenderung menunjukkan peningkatannya.

2. Pencegahan tingkat pertama (Primary prevention)
Sasaran pada orang sehat dengan usaha peningkatan derajat kesehatan (Heakth Promotion)yang disebut juga pencegahan umum . Didasarkan pada hubungan interaksi antar pejamu (host), penyebab (agent) dan lingkungan serta proses kejadian penyakit. Sasaran pencegahan tingkat pertama, yaitu mengurangi penyebab, mengatasi/modifikasi lingkungan, meningkatkan daya tahan host. Dan pencegahan khusus terhadap penyakit tertentu (Spesific Protection) terutama ditujukan pada pejamu dan atau penyebab untuk meningkatkan daya tahan maupun untuk mengurangi resiko terhadap penyakit tertentu.

3. Pencegahan tingkat kedua (Secondary prevention)
Sasaran utama pada mereka yang baru terkena penyakit serta pengobatan yang tepat. Dilakukan pada fase patologis dengan cara mengetahui perubahan klinik atau fisiologis yang terjadi dalam awal penyakit (early symptom) atau semasa masih dalam presymptomatic, masa sangat awal kelainan klinik. Tujuan pencegahan tingkat kedua ini antara lain mencegah meluasnya penyakit/terjadinya wabah pada penyakit menular, menghentikan proses penyakit lebih lanjut dan mencegah komplikasi.

4. Pencegahan tingkat ketiga (Rehabilitasi)
Upaya ini dilakukan pasca sakit untuk membatasi kecatatan sehingga tidak menjadi tambah cacat, dan melakukan rehabilitasi dari mereka yang punya cacat atau kelainan akibat penyakit. Pada keadaan ini kerusakan patologis sudah bersifat irreversible.

3 komentar:

  1. Terima kasih artikel ini membantu saya dalam kuliah epidemiologi. Tapi bisakah diberi contoh pada masing2 tingkat pencegahan penyakit agar lebih mudah dalam pemahamannya...

    BalasHapus
  2. Terima kasih. Sangat membantu

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas artikel ini pak, ini sangat membantu saya dalam pembuatan makalah saya ini.

    BalasHapus